Bunda PAUD Taput Satika Simamora Berangkatkan Guru Magang ke Semarang

Untuk meningkatkan penyelenggaraan pendidikan usia dini di Tapanuli Utara, Bunda Satika Simamora SE MM memberangkatkan guru PAUD Mosba Mutiara Sitompul SPd magang ke Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini Bukit Aksara Semarang, Kamis (20/7/2023).

topmetro.news – Untuk meningkatkan penyelenggaraan pendidikan usia dini di Tapanuli Utara, Bunda Satika Simamora SE MM memberangkatkan guru PAUD Mosba Mutiara Sitompul SPd magang ke Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini Bukit Aksara Semarang, Kamis (20/7/2023).

Acara pemberangkatan yang digagasi Yayasan Nelson Pandapotan Sitompul itu dirangkai dengan Peresmian Gerakan Dapur Sehat Cegah Stunting dengan tema ‘Anak Sehat Generasi Hebat’, di Kantor Kepala Desa Sitompul,Siatas Barita,Tapanuli Utara.

Luar biasa

Satika Simamora menyampaikan penghargaan yang tinggi kepada Yayasan Nelson Pandapotan Sitompul yang membiayai guru PAUD magang di Bukit Aksara Semarang. Juga membuat Gerakan Dapur Sehat dengan memberikan makanan bergizi selama 20 hari kepada 57 anak (balita, ibu hamil, dan ibu menyusui).

“Luar biasa perhatian Pak Nelson Pandapotan Sitompul memberikan perhatian ke Bona Pasogitnya Sitompul,” puji Satika dan dapat sambutan tokoh masyarakat, lansia, ibu hamil dan anak anak PAUD dengan meriah.

Satika berpesan kepada Mutiara Gultom untuk memetik pelajaran yang bisa diterapkan di PAUD Tapanuli Utara. “Setelah selesai magang, kita berharap,anak anak PAUD dari desa ini akan mendapat pendidikan yang benar,” ujarnya.

Stunting

Bunda PAUD Satika Simamora juga mengingatkan ibu-ibu terutama ibu hamil agar memperhatikan kebutuhan gizi anak. Sehingga terhindar dari stunting atau pertumbuhan yang lamban.

“Orang Batak terkenal pintar, pekerja keras dan berani. Seharusnya kita tidak lagi mengurusi masalah stunting. Tetapi sudah meningkat mempersiapkan anak untuk bisa meningkatkan mutu pendidikan. Tanah kita subur, masalah makanan sehat di sekeliling rumahmu pun bisa tumbuh sayur mayur. Tidak ada lokasi, di pot bunga pun bisa menanam sayur,” urainya.

“Ikan lele yang bergizi tinggi seharusnya tidak perlu beli. Tabur saja di kolam kolam kecil atau petak plastik, lele akan berkembang. Dan inilah asupan gizi untuk anak. Maka stunting tidak terjadi,” sambung Satika.

Ia pun mengajak masyarakat khususnya para orangtua memberi perhatian serius terhadap masalah stunting.

Terima Kasih

Ketua Yayasan Nelson Pandapotan Sitompul Parlaungan Sitompul berterimakasih atas kehadiran Bunda PAUD Tapanuli Utara Satika Simamora SE MM untuk memberangkatkan guru PAUD Mosba magang ke Semarang. Juga untuk meresmikan Dapur Sehat Cegah Stunting di Desa Sitompul.

Ia mengatakan, masukan Bunda Satika akan disampaikan kepada Pembina YPNSP Nelson Pandapotan Sitompul SE MM dan Resman Sitompul SH.

Apresiasi

Pemerhati pendidikan, Martua Situmorang, mengapresiasi Yayasan Nelson Pandapotan Sitompul (YNPS) yang peduli pada peningkatan kualitas sumber daya manusia di Tapanuli Utara. Khususnya pendidikan usia dini (PAUD) mendukung program Pemkab Tapanuli Utara saat ini.

Situmorang juga ikut memberi perhatian dalam proses pemberangkatan guru PAUD tersebut.

Pada acara itu hadir Kepala Desa Sitompul Mula Sitompul, Kadis Pengendalian Penduduk, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Tapanuli Utara Donna Situmeang SIP. Juga ada Martua Situmorang (pemerhati pendidikan), staf Kadis Diknas, Camat Siatas Barita, Kapolsek, Danramil dan tokoh masyarakat.

reporter | Jansen Simanjuntak

Related posts

Leave a Comment